Mengapa Asuransi Allianz ?

Ketika itu Tahun 2013 Saya  pertama sekali mengerti dan memahami Industri Asuransi, setelah saya dijelaskan lebih deatail tentang Asuransi dan Manfaatnya bagi kehidupan serta banyak berdiskusi tentang Asuransi dari sudut pandang bisnis maupun Produknya tentu saya bertanya dalam hati, MENGAPA MESTI ALLIANZ ?

Bukankah kita tahu banyak Asuransi di Indonesia ?

Bahkan saat itu Perusahaan Allianz belum begitu dikenal orang. Belum membumi seperti sekarang. Tentulah bagi saya mengundang segudang pertanyaan, Sementara banyak Perushaan Asuransi di Indonesia yang sudah terkenal baik Asuransi Lokal maupun Asuransi yang berasal dari Luar Negeri.

Karena saking penasaran saya melakukan penelitian terhadap Perusahaan-perusahaan Asuransi yang besar di Indonesia, dengan cara meminta para Leader Perusahaan tersebut untuk Prospek saya. Karena saya telah ada niat menjadi tenaga pemasar atau menjadi Agen di Perusahaan Asuransi, maka tentu saya bertanya tentang 3 hal antara lain :

  1. Tentang Produk yaitu menyangkut Fitur dan  Manfaat serta Perbandingan Uang Pertanggungan dengan Premi
  2. Tentang Marketing Plan, yaitu  tentang besaran konpensasi yang diberikan Perusahaan kepada Agennya, termasuk Hak dan Kewajiban seorang Agen bilamana sudah sampai di Puncak kesuksesan.
  3. Mengenai Profile Perusahaan tentu saya mencarinya dari Pihak yang Independen yaitu Searching dari Google, dimana Allianz adalah Perusahaan Asuransi dan Management Asset terbesar di Dunia yang berasal dari Munich Jerman.
  4. Mengenai Aspek Legalitasnya juga dipelajari dan bisa dicari dari Google. Dimana Perusahaan Dilindungi Undang-undang dengan terdaftarnya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Penelitian tersebut Saya Lakukan sekitaran 2 minggu sebelum saya memutuskan bergabung dengan Allianz, karena bagi saya ada prinsip, “BEGITU DIPEGANG HARUS DIGENGGAM dan BAGITU DIMULAI HARUS DIAKHIRI DENGAN BAIK”

Sehingga saya tidak mau mengawali dengan Keputusan yang belum Matang dipertimbangkan, Jangan sampai seperti Memanjat tangga ternyata tangga yang salah.

Hasil Penelitian Saya, saya Fokuskan kepada 2 Pihak yaitu Pihak Nasabah sebagai Konsumen Asuransi dan Dari Pihak Agen Sebagai Tenaga Pemasaran Asuransi. Saat itu, Dari Hasil Penilitian itu saya tarik Kesimpulan :

DARI SUDUT PANDANG NASABAH.

Saya memberikan KTP saya kepada Leader-leader perusahaan Asuransi tersebut untuk dibuatkan proposal dengan manfaaf yang saya tentukan sendiri yaitu Fitur dan Manfaat Sakit Kritis, Kecelakaan, Cacat Total dan Meninggal beserta Pembebasan Premi (Autosaving) dengan premi yang saya tentukan juga. Hal ini saya perlukan supaya dapat membandingkan secara Apple to Apple artinya premi yang sama dan Fitur dan Manfaat yang sama antara Allianz dengan Perusahaan Asuransi Mereka.

Dari Hasil Proposal yang mereka buat, saya bandingkan dengan Proposal yang Dibuat Perusahaan Allianz, ketika saya dulu di prospek Agen Allianz maka saya tarik kesimpulan :

  1. Besarnya Uang Pertanggungan, Dengan Premi yang Sama, manfaat besaran Uang Pertanggungan di Allianz lebih besar bahkan jauh lebih besar dibandingkan dengan Perusahaan tempat saya membandingkannya.
  2. Masa Waktu Pertanggungan. Lamanya Masa Pertanggungan di Allianz jauh melampau i masa Pertanggungan yang diberikan oleh Perusahaan Pembanding.
  3. Cara Klaim. Persyaratan Klaim di Allianz, jauh lebih sederhana dibandingkan dengan Perusahaan Pembanding. Di Allianz Untuk Penyakit Kritis Cukup  Diagnosa Dokter sudah bisa Klaim. Sementara di Asuransi lain pembanding, Seseorang yang penyakit kritis untuk bisa klaim disamping diagnosa dokter harus terlebih dahulu  tindakan medis  seperti Operasi atau Kemoterapi untuk Kanker.
  4. Masa Bertahan Hidup atau Survival Period. Artinya seorang Nasabah Harus bertahan hidup sejak diagnosa dokter. Di Perusahaan Pembanding ada yang 30 hari, 60 hari bahkan sampai 90 hari. Sementara di Allianz untuk Penyakit Kritis yang CI Plus tidak ada Survival Periode.
  5. Masa Aktif Penyakit Kritis. Untuk yang CI Plus, di Allianz sudah aktif sejak 90 hari disetujui Polis, sementara di Asuransi Pembanding Masa Aktif Penyakit Krits ada yang 12 bulan bahkan 2 tahun.
  6. Pembebasan Premi/Autosaving. Di Allianz, Pembebasan Premi didasarkan atas Usia Pemegeang Polis/Pembayar Premi, sementara di Asuransi Pembanding Berdasarkan Usia Tertanggung.
  7. Pembebasan Premi/Autosaving Akibat Angioplasti. Di Allianz, bilamana seseorang mengalami serangan jantung tapi masih tahap angioplasti sudah terjadi Pembebasan Premi/Autosaving, sementara di Asuransi Pembanding Angioplasti tidak membuat seseorang Bebas Premi/Autosaving.

Maka dari Hasil Penelitian Saat itu saya tarik kesimpulan bahwa Menjadi Nasabah di Allianz, jauh lebih menguntungkan dengan premi yang sama maupun dari segi Fitur dan Manfaatnya.

 

DARI SUDUT PANDANG AGEN.

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *